Ciri-Ciri Polip Hidung

Ciri-Ciri Polip Hidung – Pernahkah mendengar jenis penyakit yang satu ini ? Ya, polip hidung. Polip hidung yaitu suatu kondisi terdapat tumbuhnya jaringan baru pada hidung yang membuat saluran pernafasan menjadi terhalang/tersumbat. Jaringan-jaringan tersebut akan tumbuh serta bergelantungan pada hidung dan akan terasa apabila diraba dan dimasukan jari kedalam hidung tersebut. 

Ciri-Ciri Polip Hidung

Meski tidak termasuk jenis penyakit yang berbahaya, tetapi polip dapat menganggu penderitanya. Polip tumpuh pada hidung dengan berbagai macam ukuran, terdapat ukuran kecil dan juga terdapat ukuran yang besar. Polip yang tumbuh pada hidung dengan ukuran yang kecil dapat menimbulkan berbagai macam gangguan.

Beda halnya dengan polip yang sudah tumbuh dengan besar, polip yang tumbuh besar pada hidung tentunya dapat menganggu serta menjadi penghalang yang besar bagi keluar masuknya udara, dan itu akan membuat  pernafasan menjadi terganggu. 

Ciri-Ciri Polip Hidung

Meski jarang sekali terjadi, tetapi bagi para penderita polip hidung wajib untuk melakukan cara mengobati polip hidung. Karena jika polip hidung dibiarkan tanpa melakukan penanganan dengan benar maka dikhawatirkan dapat menyebabkan terjadinya sesuatu yang fatal. 

Bukan hanya itu saja, langkah awal yang harus dilakukan yaitu menjaga kesehatan, jika tidak menjaga kesehatan maka bakteri,virus dan jamur dapat menyerang tubuh sehingga menjadi penyebab tumbuhnya polip hidung. Adapun beberapa ciri-ciri polip hidung yang harus diketahui : 

  • Sakit pada kepala
    Sakit pada kepala akan sering dialami oleh penderita polip hidung, hal ini karena penderita polip hidung lebih sedikit menghirup udara yang masuk dalam hidung sehingga sering merasakan sakit kepala. 
  • Terasa sakit pada bagian wajah
    Tidak hanya sering merasakan sakit pada kepala, penderita polip hidung juga sering merasakan sakit pada bagian wajah. Hal ini terjadi ketika polip hidung tumbuh pada bagian tulang pipi sehingga mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada tulang pipi. 
  • Hidung tersumbat
    Ciri-ciri polip hidung selanjutnya yaitu hidung tersumbat, dengan kondisi ini tentunya sangat membuat tidak nyaman dan menganggu pernafasan. 
  • Hidung berair
    Ciri-ciri polip hidung yaitu hidung berair, hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi mukosa dalam hidung yang menjadi penyebab hidung berair terusmenerus
  • Bersin 
    Polip yang tumbuh dalam hidung tentunya dapat memicu terjadinya bersin. Penderita polip hidung tentunya menimbulkan ciri-ciri yaitu seringnya mengalami bersin-bersin yang cukup lama. 
  • Tidur Mendengkur
    Ciri-ciri polip hidung selanjutnya yaitu mengalami tidur mendengkur, Hal ini disebabkan karena sedikitnya udara yang masuk sehingga hal ini mengalami mendengkur saat tertidur. 
  • Penurunan Indera Penciuman
    Penurunan indra penciuman terjadi jika polip hidung yang semakin parah dan sudah membesar, Polip hidung yang kondisinya parah akan mengalami penurunan indra penciuman oleh karena itu jangan pernah sepelekan penyakit yang satu ini.

Jika sudah merasakan ciri ciri polip hidung diatas, maka segeralah untuk mengobatinya dengan cara mengobati polip hidung, karena jika menyepelekan penyakit yang satu ini bakal berakibat fatal.

One thought to “Ciri-Ciri Polip Hidung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *