Hidung Tersumbat Akibat Polip

Hidung Tersumbat Karena polip – Pernahkan anda merasakan hidung tersumbat dalam jangka waktu yang sangat lama? Waspadailah bahwa itu merupakan ciri – ciri polip hidung.

Polip adalah jaringan yang sangat lembut, tidak bersifat kanker dan tidak menyebabkan sakit. Polip hidung merupakan pertumbuhan pada dinding saluran pernapasan atau pada sinus. Jika polip berukuran besar akan mengakibatkan penyumbatan pada saluran hidung. Yang menyebabkan hidung tersumbat, kesulitan bernafas, berair, mempengaruhi indra penciuman, serta menyebabkan infeksi pada hidung.

Hidung Tersumbat Karena polip

Hidung Tersumbat Karena polip

Penyebab Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat terjadi karena lapisan saluran pada hidung mengalami pembengkakan akibat iritasi dan peradangan. Iritasi atau peradangan pada saluran hidung itu sendiri dapat muncul karena adanya kondisi tertentu, seperti:

  1. Alergi
    Ketika alrgicairan hidung akan keluar berwarna bening. Sedangkan saat infeksi, cairan hidung biasanya berwarna kuning atau kehijauan, misalnya saat flu. Cairan inilah yang membuat saluran sinus tertutup dan membengkak sehingga hidung menjadi tersumbat.
  2. Flu
    Penyakit ini terjadi ketika cairan menumpuk di rongga sinus setelah terinfeksi kuman, penderitanya tak hanya karena memiliki alergi tetapi juga disebabkan faktor keturunan.
  3. Polip Hidung
    Polip atau benjolan tak normal yang bersifat jinak bisa menyebabkan hidung tersumbat. Penyakit ini disebabkan karena sinusitis yang tidak diobati dengan baik.
  4. Deviasi septum, adalah kondisi di mana dinding pemisah rongga hidung mengalami pergeseran sehingga salah satu lubang hidung mengecil.
  5. Infeksi sinus (sinusitis), yaitu inflamasi atau peradangan pada dinding sinus.

Ada pula faktor risiko lain yang dapat memicu munculnya gejala hidung tersumbat, yaitu:

  1. Obat-obatan, seperti obat pelega hidung bentuk semprot yang digunakan berlebih.
  2. Udara yang kering.
  3. Pembengkakan kelenjar adenoid, yaitu kelenjar yang terletak di amandel.
  4. Terdapat benda asing di dalam hidung.
  5. Hamil.
  6. Stress.
  7. Merokok.
  8. Asma

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Ada beberapa cara yang mudah bisa mengatasi hidung tersumbat yaitu :

  1. Membuang cairan hidung, hal ini dilakukan supaya tidak menghambat pernafasan.
  2. Banyak minum air hangat, minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan bisa keluar dan memudahkan dalam proses pernafasan.
  3. Menggunakan cara mengobati polip hidung dengan bawang putih, hal ini berguna untuk anti- bakteri dan anti- jamur untuk mematikan bakteri penyebab hidung tersumbat.

Kondisi hidung tersumbat memang bukan penyakit yang luar biasa, akan tetapi jika terus di biarkan dan tidak segera diobati akan mengganggu kita dalam menjalankan aktivitas sehari – hari.

Demikian penjelasan mengenai hidung tersumbat semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *