Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung

Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung – Polip hidung merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan pada hidung. Yang dapat menghambat keluar masuknya udara pada hidung. Polip ini tumbuh karena terdapat jaringan abnormal didalam hidung yang berisi cairan yang disebabkan karena adanya peradangan atau inflamasi. 

Awalnya, polip hidung yang tumbuh tidak menimbulkan gejala apapun yang dapat membahayakan tubuh. Namun, jika polip hidung tumbuh membesar dan menutupi hampir semua salah satu lubang hidung, maka gejala tersebut dapat muncul seperti hidung tersumbat, gangguan pada indera penciuman, serta hidung berair. 

Meski tidak menimbulkan dampak kematian, Namun polip hidung juga perlu melakukan cara mengobati polip hidung dengan aman serta tuntas. Karena jika tidak melakukan penanganan atau dibiarkan begitu saja, maka dapat menimbulkan efek yang membahayakan tubuh. 

Sampai saat ini, polip hidung belum diketahui secara pasti penyebab polip hidung tersebut. Namun, dengan adanya pertumbuhna polip hidung ini disebabkan karena adanya infeksi, alergi, serta asma dan kelainan sistem kekebalan tubuh. 

Akan tetapi, anda juga harus mengetahuinya bahwa salah satu penyebab memburuknya kondisi polip hidung yaitu makanan yang tidak sehat. Selain memperburuk keadaan polip hidung, makanan yang tidak sehat juga tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat memicu penyakit lainnya. 

 

Nah, untuk anda yang saat ini sedang menderita polip hidung, sebaiknya menghindari jenis-jenis makanan yang dapat memperburuk kondisi polip hidung yang saat ini anda derita. Dan dibawah ini ada beberapa Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung yang wajib dihindari. 

Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung

Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung

  • Hindari Makanan Instan yang mengandung bahan pengawet kimia

Pantangan makanan penderita polip hidung yang pertama yaitu menghindari makanan yang instan yang mengandung bahan pengawet. Makanan yang satu ini wajib dihindari untuk mencegah terjadinya polip hidung yang semakin p;arah. Namun, jika anda mengkonsumsi jenis makanan yang satu ini, maka kondisi polip hidung yang anda derita saat ini dapat memicu semakin parah polip hidung tersebut. 

  • Hindari Makanan Laut Atau Seafood

Jika saat ini anda sedang menderita polip hidung, maka sebaiknya hindari jenis makanan yang satu ini seperti seafood,kerang,kepiting,udang,cumi dan sejenisnya. Makanan -makanan seperti itu dapat memperparah kondisi polip hidung yang saat ini anda derita. 

  • Hindari jenis makanan yang digoreng dibakar & dipanggang 

Salah satu penyebab polip hidung yang semakin memburuk yaitu mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung minyak serta lemak yang tinggi. Untuk itu, disarankan untuk menganti jenis makanan tersebut dengan jenis makanan lainnya seperti makanan rebus atau lainnya. 

  • Hindari Minuman Dingin

Minuman yang satu ini wajib dihindari bagi anda yang menderita polip hidung. Minuman yang dingin dapat menyebabkan timbulnya polip hidung yang semakin besar sehingga memperburuk kondisi polip hidung tersebut. 

  • Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Salah satu minuman yang tidak baik untuk penderita polip hidung yaitu Alkohol, konsumsi alkohol dapat menyebabkan polip hidung menjadi semkin parah dan juga sangat tidak baikuntuk kesehatan. Maka dari itu, hindarila minuman yang satu ini dan ganti dengan mengkonsumsi minuman lain seperti susu,air putih dll. 

  • Hindari konsumsi Daging Merah 

Konsumsi daging merah seperti daging kambing secara berlebih sangat tidak baik untuk penderita polip hidung. Bukan hanya itu saja, mengkonsumsi daging secara berlebih juga menyebabkan kolesterol tinggi dan lemak yang tinggi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

Demikianlah informasi mengenai jenis makanan yang wajib dihindari oleh penderita polip hidung, semoga bermanfaat. Terimakasih

One thought to “Pantangan Makanan Penderita Polip Hidung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *