Penyakit Penyebab Munculnya Benjolan Dalam Hidung

Penyakit Penyebab Munculnya benjolan – Benjolan pada hidung ? Mungkin hal ini yang sering dianggap sepele oleh hampir semua orang. Benjolan pada hidung tentunya sangat menganggu, benar begitu bukan ? Benjolan pada hidung biasanya akan terasa apabila disentuh.

Banyak orang yang sering menyepelekan hal yang satu ini, mereka menganggapnya bahwa benjolan pada hidung adalah sesuatu yang sering terjadi. Memang, umumnya benjolan pada hidung tidak membahayakan. Namun, perlu untuk anda ketahui, jika terdapat benjolan pada hidung yang tidak segera diatasi kemungkungkinan besar dapat terjadinya hidung tersumbat akibat polip, hal tersebut tentunya sangat menganggu. 

Kondisi ini dapat terjadi sama siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Baik wanita maupun laki-laki. Biasanya kondisi ini akan muncul berupa gejala seperti hidung tersumbat, kesulitan bernafas, dll. 

Penyakit Penyebab Munculnya Benjolan Dalam Hidung

Penyakit Penyebab Munculnya Benjolan Dalam Hidung

Tahukah anda, ada beberapa penyakit yang menyebabkan munculnya benjolan dalam hidung. Apa sajakah penyakit tersebut ? Simak informasinya berikut ini : 

  • Polip Hidung 
    Penyakit Penyebab Munculnya Benjolan Dalam Hidung yaitu polip hidung. Polip hidung yaitu kondisi dimana adanya gangguan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh peradangan atau inflamasi pada hidung. Peradangan yang terjadi pada hidung menyebabkan terkumpulnya sel-sel yang berisi cairan pada saluran pernafasan. 

    Jika benjolan pada dalam hidung membesar, maka hal tersebut akan mengakibatkan saluran pernafasan menjadi terganggu. Biasanya juga akan menimbulkan beberapa gejala seperti hidung meler, kesulitan mencium sesuatu, atau bahkan sering mendengkur, dll. 

  • Kanker Nasofaring 
    Meski jarang terdengar, penyakit ini sangat menakutkan. Sesuai namanya, kanker Nasofaring merupakan jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung. Nasofaring merupakan salah satu bagian pada tenggorokan yang terletak didaerah belakang hidung dan dibalik langit-langit rongga mulut. Kanker ini disebabkan karena mutasi gen yang membuat sel menjadi tidak terkontrol. 

    Biasanya gejala yang seing muncul yaitu sakit pada tenggorokan, benjolan hidung atau benjolan dileher, mimisan, kesulitan bernafas serta berbicara, sakit kepala dan gangguna pendengaran. 

  • Folikulitis Hidung 
    Folikulitis merupakan peradangan pada folikel rambut ynag terjadi pada lubang hidung. Peradangan ini disebabkan karena adanya infrksi bakteri Staphylococcus. Tidak hanya itu saja, folikel rambut juga dapat disebabkan karena jamur. Perlu untuk anda ketahui, kebiasaan mencabut serta menggaruk bulu hidung terlalu sering dapat menyebabkan terjadinya folikulitis yang akan ditandai dengan benjolan merah yang disertai dengan gatal dan nyeri. 

Itulah artikel kesehatan mengenai Penyakit Penyebab Munculnya Benjolan Dalam Hidung, semoga bermanfaat. Amiiinnn 

Informasi lainnya : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *