Penyebab Polip Hidung

Penyebab Polip Hidung – Polip hidung yang sangat rentan menyerang orang dewasa ini memang bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya. Tetapi, meski bukan termasuk jenis penyakit yang berbahaya polip juga perlu ditangani dan tidak boleh disepelekan begitu saja. 

Polip hidung yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan terganggunya pernafasan sehingga sangat sulit untuk bernafas. Tidak hanya itu, polip yang tidak ditangani dengan benar dapat membuat sinus menjadi lebih parah. Oleh sebab itu, segeralah mengobati polip hidung dengan obat polip hidung yang dapat mengobati polip hidung dengan aman. 

Penyebab Polip Hidung

Penyebab Polip Hidung

Meski belum diketahui secara pasti penyebab polip hidung , tetapi ada banyak hal yang menjadi penyebab polip hidung yaitu : 

  • Usia
    Usia adalah salah satu penyebab polip hidung, Dengan memasuki usia lanjut atau usia dewasa polip hidung akan sangat mudah menyerang. Polip hidung sangat jarang sekali terjadi pada anak-anak, karena polip hidung sangat dominan menyerang orang dewasa. 
  • Keturunan 
    Mempunyai riwayat keturunan yang mengidap penyakit polip sebaiknya sagat berhati-hati, karena besar kemungkinan dapat menyerang anggota lainnya. 
  • Infeksi 
    Infeksi merupakan keadaan dimana tubuh  merespon hadirnya mikroorganisme jahat seperti bakteri,jamur serta virus dan lain-lain. Terjadinya infeksi pada tubuh seperti diakibatkna oleh virus, jamur serta bakteri dapat memicu terjadinya penyakit polip. Mikroorganisme yang jahat dapat menyerang tubuh dengan cepat saat tubuh sedang kurang fit, maka dari itu menjaga tubuh agar tetap fit adalah hal yang penting untuk menghindari dari berbagai jenis serangan penyakit. 
  • Asma
    Asma merupakan jenis penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan karena ketidak tahanannya pada debu,perubahan cuaca, stres , atau alergi yang menjadi penyebab asma. Pada saat mengalami asma tentunya saluran pernafasan akan berkurang dalam paru-paru begitupun dalam rongga hidung, hal tersebut kemungkinan besar dapat menimbulkan penyakit polip hidung. 
  • Kelainan Pada Saraf
    Kelainan pada saraf dapat menyebabkan beberapa penyakit muncul. Meski belum diketahui pasti penyebab kelainan saraf tersebut, tetapi dengan munculnya kelainan pada saraf dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh ynag tidak stabil. Kelainan pada saraf yang menyerang tubuh dapat berpotensi besar mengalami polip.
  • Sinusitis Jamur
    Sinusitis jamur yaitu bentuk penolakan pada jamur dan bakteri yang menyebar diudara dnegan melalui saluran pernafasan, salah satunya dengan melalui rongga hidung. Pada saat udara yang mengandung banyak bekteri serta jamur melalui rongga hidung kemungkinan besar ada sisa-sisa bakteri dan jamur yang tertinggal dalam rongga hidung tersebut. Jika tidak segera dibersihkan maka dapat memicu pertumbuhan polip.
Itulah beberapa penyebab polip hidung yang sering terjadi, semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih .

3 thoughts to “Penyebab Polip Hidung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *